Pages

Wednesday, January 19, 2011

Symbian Vs Windows Mobile


Assalamualaikum..

Secara fisik, tiap ponsel menyajikan bentuk yang berbeda. Sistem operasi yang dikandung pun berbeda. Dari 2 sistem operasi yang berkembang saat ini, Symbian dan Windows Mobile mana yang lebih baik? Berikut ulasan lengkapnya.

PERFORMA
Kebanyakan PDA kini lebih berpedoman pada komputer. Secara garis besar, Pasar PDA lebih memanfaatkan fasilitas email dan kunjungan internet. Terlepas dari itu, fungsi panggilan pun tertanan didalamnya.
Awalnya Smartphone bertugas sebagai alat komunikasi, khususnya untuk melakukan panggilan telepon. Selebihnya digunakan untuk keperluan bisnis. Hal itu diindikasikan dengan kehadiran fasilitas tambahan seperti agenda elektronik, kamera, musik dan Internet.
Pabrik Nokia memproduksi Smartphone yang lebih mudah dioperasikan. Terlebih dalam melakukan panggilan. Sedangkan, fungsi panggilan PDA bekerja lebih sulit. Tapi disisi lain PDA lebih mudah dalam hal pengaturan pesan. Nah, itulah perbedaan mendasar handset Symbian dan Windows Mobile. Sehingga bukan hal yang mengejutkan jika pabrikan Nokia lebih berpihak pada Symbian.
Perbedaan mendasar terlihat jelas pada versi terbaru tampilan kedua sistem operasi tersebut. Pabrik Nokia mempopulerkan produk barunya seperti Nokia E90 Communicator. Pengguna yang awam teknologi mengklaim ponsel ini susah dioperasikan. Sebab tidak disertai fungsi kemudahan dan kenyamanan saat menggunakan internet dan email.
winmo
Windows Mobile
nokia-nseries-theme-for-symbian-s60
Symbian
KELEBIHAN
Induk sistem operasi PDA dilumasi oleh Microsoft Windows Mobile. Hasilnya tampak jelas pada ponsel Palm yang kini berjalan dengan Windows Mobile. Disisi lain Symbian unggul dengan kelebihan yang ditawarkan.
Saat bekerja sama dengan Windows Mobile, sistem operasi ini tidak banyak tuntutan mengenai kompetisi dari tenda-tenda kecil, contohnya Linux. Berdasar contoh Palm, handset Motorola diadopasi Windows Mobile.
Kemudian diikuti oleh Samsung. Alhasil, kini Samsung lebih menjadi prioritas utama bagi konsumen. Karena menawarkan ponsel dengan Windows Mobile dan Symbian.
KEUNTUNGAN
Saat terbiasa menggunakan versi Windows Mobile, pengguna menilai sistem ini sangat mudah. Namun taukah Anda, sistem operasi Microsoft lebih oke. Terutama pada stabilitasnya.
Saat stabilitasnya terhenti, tampilan sistem muncul seketika. Perlu dicatat, kecepatan sistem operasi kapanpun bisa berubah. Dan akan hilang dengan sendirinya saat menonaktifkan aplikasi yang berjalan. Ya, fungsinya mirip seperti navigasi. Yang pasti, penilaian kecepatan disesuaikan dengan penggunaan aplikasi.
Keuntungan utama yang disuguhkan PDA dengan Windows Mobile menjadi familier untuk konsumen yang juga menggunakan Windows pada Notebook atau komputer. Pengguna bisa membuka dan mengedit berbagai aplikasi, diantaranya Word dan Excel. Caranya sama seperti yang berlaku di komputer pada umumnya.
MEMORI
Dalam hal ini versi 5.0 juga memberlakukan penyesuaian pengaturan memori. Untuk semua aplikasi non Microsoft, diberlakukan sistem menutup aplikasi yang baru saja digunakan saat membuka aplikasi lain yang berbeda.
Perbedaan utama diantara versi lama dan tampilan ulang Windows Mobile adalah penyesuaian dalam hal keamanan. Tentunya keamanan pengaturan ponsel.
Kemampuannya menghapus data dari jarak jauh. Misalnya saat ponsel hilang, kartu penyimpanan data jatuh ke tangan yang salah. Sehingga pihak ketiga tidak dapat mengakses lebih jauh ke data lain.
PERTUKARAN
Symbian bisa dikatakan sistem operasi sangat powerful yang menawarkan banyak keuntungan. Diantaranya OS Microsoft menawarkan fungsi lebih dengan memperkenalkan Windows Mobile 6.0.
Khususnya pada fungsi email. Exchange mail dipilih untuk pengaturan jawaban otomatis saat mengirim email dari ponselnya. Lebih sering digunakan di komputer rumah.
HTML MAIL
Melalui alat ini, pengguna dapat mencari kata secara spesifik pada mail message melalui pertukaran server. Windows Mobile sekarang ini menawarkan kemampuan tambahan, seperti mengakses pesan HTML (HTML-mail).
Selain itu, menyampaikan permintaan yang diperlukan dan menampilkan konten Windows Life, sedangkan Symbian belum berorientasi ke arah itu. Bukan itu saja, Windows Mobile dilengkapi dengan ponsel Blackberry yang lagi ‘in’ di pasar bisnis saat ini.
ENERGI
Keuntungan pada Symbian terletak pada stabilitas ponsel dan kebutuhan energi yang tergolong rendah. Berbeda dengan Microsoft, kebutuhan energinya perlahan menyesuaikan aplikasi yang aktif.
Jika Anda ingin menyimpan daya baterai, pengguna memerlukan kehati-hatian lebih dengan energy-slurping option (menghirup energi) pada kedua sistem operasi ini. Misalnya pada penggunaan Bluetooth, WiFi and GPS.
KONEKSI
Kedua sistem operasi ini menawarkan kemampuan dalam hal kecepatan memutar fungsi on dan off. lntinya, pengguna dengan mudah mengakses data melalui Bluetooth.
KEYBOARD
Inilah bagian terpenting yang harus diketahui sebelum mengupas lebih dalam mengenai sistem didalarn ponsel. Tentu saja permainan ukuran berperan penting pada keputusan.
Kehadiran keyboard QWERTY bias menjadi sangat nyarnan. Tapi kehadirannya membuat ukuran ponsel menjadi makin besar. Terkadang beratnya pun bertambah. Untuk pesan singkat, keyboard ini sangat membantu.
LAYAR
Saat jam terbang pekerjaan sedang tinggi dan repot menjinjing notebook yang terkesan besar dan berat, ada pilihan lain yang menanti. Kehadiran HTC Advantage siap mengatasi masalah itu. Kolaborasi ponsel dengan Windows Mobile 6.0 membuat handset ini mampu menyelesaikan pekerjaan pengguna.
Selain itu ukuran dan beratnya jauh lebih ringan dari notebook. Pertimbangan lain terletak pada ukuran monitor yang sesuai. Tak kalah pentingnya, cara mengoperasikannya yang terkesan lebih sederhana. HP menjawab keluhan itu dengan menawarkan layar sentuh. Kehadiran layar disini juga berfungsi sebagai keyboard.
KESIMPULAN
Jika Anda tetap tidak tertarik dengan srnartphone berdasar Windows Mobile atau Symbian, masih banyak pilihan handset yang sesuai dengan kebutuhan. Perlu diingat, kehadiran Wi-Fi dan Bluetooth akan menghisap kapasitas baterai lebih cepat. Jadi jika Anda bepergian beberapa hari tanpa mengisi daya baterai, dan tidak sempat mengisi baterai ponsel, sebaiknya menggunakan Symbian.
Sisi lain, Windows Mobile sangat familiar dengan penawaran aplikasi Windows Mobile. Tapi kemampuan pada kedua sistem operasi tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Tergantung anda membutuhkan sistem operasi mana?

Wassalamualaikum..

No comments:

Post a Comment