Pages

Wednesday, January 19, 2011

MOS SMK Telkom


Assalamualaikum..
Wah… Udah lama nggak nge-post ne…. Hhe.. Harap maklum… Sibuk soale.. Soalnya dulu terpotong karena udah deket UAN. Mau nggak mau ya harus blajar ekstra. Daripada nggak lulus? Ya to. Mau nggak mau ya di stop dulu ceritanya. Sekarang gue udah di Jawa. Yah, alhamdulillah, bisa masuk sekolah yang udah gue target sejak dari Kaltim kemaren. Dan gue keterima…….. Woooo….. seneng. ^_^
MOS. Siapa anak lulusan SD yang nggak kenal sama MOS. Berawal dari MOS pertama di SMP YPPSB. Hhmmnnn… Udah lupa e… Hha… Yang tak inget cuman MOS kedua yang gue jalanin di SMK Telkom Malang. Oke, kita mulai dari awal. Masuknya, jam setengah 6 pagi. Terasa dinginnya Malang. Ga mandi aja udah dingin, gimana kalo mandi? Bayangin aja ndiri deh. Uadem pokoke. Bukan berarti gue nggak mandi. Tapi emang terasa. Belum perjalanannya. Coz dari rumah sampai sekolah sekitar setengah jam. Beh. Jauh ya. Kalo gini pasti ada pertanyaan “kenapa gak kost aja?” Jawabannya adalah biar gue tau Malang dulu. Jadi tiap hari diantar jemput. Hha. Serasa anak TK. Cuman bedanya tau sendiri kan..
Oke. Hari pertama. Kalau anak yang bukan bertujuan untuk belajar pasti ngomongnya:
Cah..
Mbak Nida
Mbak Nida
Wah. Kemana pikirannya. Bukan untuk pacaran ne skul jauh-jauh (bagi gue), tapi buat nimba ilmu. Hal pertama yang mau gue katakan adalah ‘DINGIN’. Bukan main dah dinginnya. Soalnya udah terbiasa sama Sangata yang panas. Yah, jalanin aja. Baru masuk lapangan dalam (baca: basket) udah pada baris. Setelah agak lama, peserta MOSnya datangan semua. 240 orang. Salah satunya ya gue. Nggak lama setelah semua datang, kami di suruh duduk. Banyak yang ngobrol. Ngobrolnya bahasa Jawa. Yah, alhasil gue diem aja ndengerin mereka yang asik ngobrol. Ada yang gua ngerti, ada yang gak. Jadilah cerita nggak nyambung. Salah dua kata aja hasilnya bisa beda jauh. Misalnya:
A: “kemaren gue liat ada orang kecil (wong cilik, bukan berarti anak kecil) mukulin lima preman!”
B: “yakin loe? Hebat banget tu orang. Pasti dulunya sering ikut pelatihan bela diri.”
Nah, kalo gue salah denger terus cerita:
Gue       : “kemaren gue denger dari temen gue ada anak kecil mukulin lima preman!”
Heboh dah satu sekolah. Kalo ada cerita gitu gue yakin yang ada hanya satu kata, MUSTAHIL! Ok, back to MOS. Yah, kalo udah gini gue ikut-ikut aja dah. Ada bahan obrolan yang cocok, ikut. Kalo ga ngerti diem aja. Mau gimana lagi.
Hari ke sekian, soalnya gue udah mulai lupa sama yang namanya MOS. Barang bawaan adalah hal yang wajib dalam MOS. Apalagi kata yang tepat selain wajib. Walau kita tau kalo tu tugas niatnya baik, biar terbiasa buat kerja keras. Mungkin sangat keras. Ada juga tugas dimana para peserta di suruh ngarang satu halaman folio bergaris, tiap huruf ganti warna. Beh. Temen-temenku pada ngeluh kalau tangannya kemeng semua. Gak tau gue kemeng itu bahasa Indonesianya apa. Yang jelas gue tau maksudnya. Kalo gue gak kemeng sama sekali. Hahaha. Gimana mau kemeng, baru duduk plus mikirin karangan aja gue udah ketiduran. Parah ya. Gue ini tukang tidur. Hha. Pernah tidur dalam segala posisi. Sambil duduk, di atas motor, baring (jelas), tengkurep, dan yang paling bikin gue bangga adalah tidur sambil BERDIRI! Kebanyang ga. Waktu itu gue lagi berdiri sama satu angkatan, karena gue kekenyangan, ya ketiduran deh. Tapi bentar aja. Tidur, bangun. Tidur, bangun. Kebanggaan tersendiri. Hha. Pernah juga di suruh bawa barang yang namanya Richeese pasta keju (ga ada maksud promosi lho), tapi yang diinformasikan sama ketua gugusnya adalah Richeese ROLL! Jadinya satu angkatan secara serempak maju ke depan. Dimarahin dah sama panitia MOSnya. Ga Cuma kali ini. Tapi mulai dari hari kedua sampai hari terakhir ada aja yang salah. Jadi waktu evaluasi, kena marah dah. Anggap aja latihan mental dah.
Hari kelima. Ada program yang namanya ‘energizer’. Apa artinya tuh, penyegaran ya? Pertama gue kira kami bakal di suruh basah-basahan. Sore hari tuh. Di sana sore aja udah mulai terasa dinginnya. Gimana kalo kena air? Ternyata jauh dari perkiraan. Semula dalam satu gugus terdapat tiga baris, yang tengah cowok. Terus dibikin jadi dua barisan. Yang kanan cowok. Wah, pikiran gue udah gak enak ne. gue ma cewek di sebelah gue dibikin berhadapan. Terus gue di suruh maju satu langkah. Mantep dah (majas ironi lho). Dueket banget ma tuh cewek. Namanya Terry. Dibukin istirahat bentuk parade. Tau gak? Itu istirahat yang menurut gue agak melelahkan. Coz dada dibikin busung. Kalo lama apa gak capek. Terus disuruh saling tatap mata. Ga boleh ngomong, gerak, plus kelihatan gigi. Coz ne istirahat tujuannya buat mengunci gerakan. Ga boleh gerak blas. Senior jauh, gue mulia ngobrol ma Terry.
Gue: “ter, gesekin aja lidahmu ke gigi, ga kerasa gelinya.”
Habisnya ga tega gue liat temen di hukum. Kalo temen yang jauh ya ga bisa. Lebih baik satu daripada ga sama sekali. Datanglah senior. Mulailah yang namanya godaan. Sekali gerak, lima push-up. Apa ga tekor kalo gitu. Datanglah godaan dari setan (bukan senior lho). Juga dari para senior. Gue liat temen gue digoda kena terus. Ga tega. Sekaligus gue ga mau kayak gitu. Ga kuat. Hha. Seniornya datang dah. Mulanya cuman satu.
Senior 1: “Dek Terry, dek Febrian ganteng ya (emang kata senoirnya gini kok. Thx bgt kak). Pake kacamata lagi.”
Datanglah senior yang lain
Senior 2: “Iya. Kalian cocok. Sama-sama tinggi. Kok nggak ketawa kayak yang lain?”
Senior 1: “Saking mesranya mereka tuh. Kita ga dihiraukan”
Senior 2: “Dek Terry cantik ya Feb. Gimana Terry, Febrian ganteng kan? Udah gitu pake kacamata lagi (heran gue apa hubungannya). Lho, dek Febrian kenapa kok bibirnya luka (bibir gue sampai luka sampai tanggal 23 belum sembuh, kering, karena PBB mungkin), dikecup Terry ya (udah mulai mau ketawa gue)?”
Belum berenti sampe situ, datang lagi seniornya. Ada tiga senior yang nggoda. Tapi lupa gue ngomong apa seniornya. Selesai dah. Lega gue. Temen gue ada yang kena berkali-kali. Cewek, cowok. Semua kena. Untung gue ga kena. Ga cuman itu, ada yang waktu istirahat parade di foto dari depan. Dari dekat. Lebih dekat daripada foto KTP. Tapi gue nggak ketemu nyari foto yang itu. Ada padahal, cuman kalo diliat satu-satu ya capek. Siapa yang ngga ketawa coba difoto kayak gitu? Kalo gue ngakak dah. Gak kuat kalo yang itu.Energizer
Energizer
MOSnya selesai di hari Sabtu. Diakhiri dengan acara bakar-bakar. Foto-foto (tau lah gimana reaksinya sebagian besar cewek kalo ada foto-foto). Setelah itu kami berjabat tangan sama semua panitia MOS yang udah menemani kami selama seminggu, and go home.Reaksi
Yah, sampai di sini dulu ya. Capek gue ngetiknya. Hhe… sorry kalo ada salah ketik, atau ada yang merasa tersinggung. Gue gak bermaksud buat nyinggung.
Wassalamualaikum..

No comments:

Post a Comment