Pages

Monday, May 2, 2011

Konfigurasi Jaringan Debian 5


Assalamualaykum..

Udah lama ni blog gk keurus..
Hehe :D
Kali ini, kita akan membahas bagaimana cara merubah konfigurasi jaringan pada Debian 5, misalnya IP address..
Gampang kok, karena semua ada ilmunya..
Apakah hanya untuk Debian 5 saja?
Insya Allah nggak.. Beberapa OS lain yang merupakan turunan Debian juga memiliki UI yang mirip dengan induknya.. Jadi tinggal penyesuaian saja.. Langsung saja kita mulai konfigurasinya..

  • Buka terminal, bisa dengan menggunakan Alt + F2, kemudian ketikkan gnome-terminal 
    • Pastikan kita masuk sebagai root, dengan mengetikkan su pada terminal
    •  Setelah itu, edit file interfaces yang ada di dalam /etc/network/ dengan perintah
    •  Tambahkan perintah di bawah ini pada line terakhir, namun untuk IP address dan netmask tergantung pada kebutuhan
    • Setelah itu restart jaringan dengan /etc/init.d/networking restart
    • Dari ifconfig bisa dilihat IP Debian sekarang
    Selesai :D
    Kok settingnya ribet ya?
    Sebernya ada sih cara yang lebih mudah, yaitu tinggal klik klik doang :D
    • Klik pada tab System | Administration | Network
    Yah, sekian tentang konfigurasi jaringan pada Debian 5.. Semoga dapat membantu..
    Jangan diliat doang, dicoba :D
    Wassalamualaykum..

      No comments:

      Post a Comment

      Post a Comment